Pages

Sabtu, 11 Mei 2013

Kuliner khas Flores


Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang kaya akan potensi alam, kebudayaan, bahasa, dan kuliner nusantara. Setiap kota dan daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Kebanyakan makanan khas tersebut sudah menjadi turun-temurun dari nenek moyang sebelumnya di daerah tersebut. Sering orang lebih mengenal makanan dan minuman khas dari daerah-daerah dan kota-kota terkenal dengan jumlah penduduk yang banyak.
Flores adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Flores juga memiliki beragam kuliner khas daerahnya masing-masing. Seperti di daerah Larantuka sangat terkenal dengan makanan khasnya “jagung titi”. Makanan ini terbuat dari jagung, digoreng tanpa minyak lalu ditumbuk. Jagung titi selalu dicampur dengan kacang tanah. Jagung titi sangat disukai semua kalangan dan sering ditemukan di setiap acara keluarga maupun acara adat.
Kemudian “ubi nuabosi” adalah makanan khas lainnya yang sangat terkenal. Makanan ini berasal dari Ende. Ubi nuabosi adalah sejenis makanan ubi-ubian. Ubi ini hanya bisa ditemukan di daerah Ende. Pengolahannya bisa bermacam-macam, seperti direbus, digoreng atau dibakar. Ubi ini sangat nikmat bila disantap dengan ikan asin dan sambal goreng.
Berikutnya adalah “kena kita” yang berasal dari pulau Palue. Makanan ini merupakan sejenis bubur yang dicampur dengan ubi-ubian dan kacang-kacangan. Bagi masyarakat Palue makanan ini biasa disantap sebagai pengganti nasi. Kena kita disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Bubur ini sangat nikmat bila disantap dengan cabe rawit.
Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Flores jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Flores yang unik dan menyehatkan

0 komentar:

Poskan Komentar